It’s time to study in Switzerland!

Di post ini kita akan membahas alasan-alasan belajar di Switzerland serta tips dan trik dalam kehidupan sehari-hari di sana.

Why Switzerland

Coklat, jam tangan, gunung bersalju.. Yes, tiga hal itu langsung deh membawa kita ke negara ini.

Switzerland terkenal dengan kualitas jam tangannya. Sebut saja Rolex, Patex Philippe, Omega, Swiss Army dan masi banyak lagi. Switzerland adalah salah satu negara teraman di dunia. Jarang sekali kamu menjumpai polisi di sana (kecuali polisi lalu lintas). Lebih ringkasnya, berikut ini beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang Swiss :

1. Secara ekonomi :

– Swiss mendapatkan rating tertinggi di eropa untuk indeks kebebasan ekonomi 2010
 – Bank di Swiss terkenal akan keamanannya, stabilitas moneter dan hukum serta
kualitasnya yang dapat menjamin kerahasiaan bank
 – Swiss berada diurutan ke sembilan belas sebagai penghasil terbesar dari segi produk
domestik Bruto.
 – Ibukota Swiss terletak di Bern. Kota terbesar di Swiss adalah Zuric dan pada tahun 2006
dan 2007 kota ini dinobatkan sebagai kota yang berkualitas hidup terbaik di dunia.

2. Ada empat bahasa resmi di negara ini yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan Roma.

3. Swiss mempunyai pasar kerja yang lebih fleksibel dari negara-negara lainnya dan tingkat pengangguran di negara ini pun sangat rendah.

4. Jangan lupa, karena Swiss merupakan negara yang termasuk dalam Schengen Visa maka jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menjelajahi negara-negara lainnya.

Accomodation in Switzerland

Hampir mirip dengan negara lainnya, bagi kamu yang ingin berkuliah di Swiss tidak perlu khawatir dalam pengurusan tempat tinggal, berikut ini beberapa pilihan tempat tinggal di Swiss :

1. Student Hostel
Rata-rata kampus/universitas di Swiss memiliki asrama / tempat tinggal sendiri. Ada yang langsung satu gedung dengan kampus ada yang berjarak beberapa meter dari kampus.
Student hostel di kelola oleh pihak kampus. Model tempat tinggal ini sangat di sarankan buat kamu yang baru pertama kali tinggal di Swiss.

2. Private Accommodation
Buat kamu yang sudah cukup umur, kamu juga bisa menyewa rumah / appartment sekitar kampus. Tipe akomodasi ini biasanya di pilih mahasiswa jika mahasiswa sudah yakin dan mengenal lingkungan sekitar. Namun untuk tipe akomodasi ini, kamu harus mengurus biaya air, listrik, internet dan lain-lainnya sendiri.

Transportation in Switzerland

Moda transportasi di Swiss hampir mirip dengan negara-negara lain, mereka punya buss, tram, kereta, taxi dan pesawat. Namun transportasi di Swiss cukup unik, kamu tidak akan menemukan mesin tiket di dalam buss, cukup naik dan turun tanpa harus menunjukan karcis, namun jika petugas meminta kamu untuk menunjukan karcis dan kamu tidak memilikinya, siap-siap deh bayar denda
yang cukup mahaal.

Kamu bisa buka www.sbb.ch untuk mengetahui jadwal Buss, Tram dan lainnya bahkan total ongkos yang harus kamu keluarkan dari satu tempat ke tempat lain. Ada banyak tipe karcis/tiket di sini. Ada yang bersifat per jam (tiket berlaku 6 jam), dilihat dari tujuan dan lain sebagainya. Setiap kota-kota di Swiss terdapat terminal besar, kamu bisa menanyakan kepada petugas tiket jika kurang jelas.

Cost of Living in Switzerland

Biaya hidup di Swiss memang terkenal cukup mahal, jadi kita harus pintar-pintar mengelola uang disini. Berikut adalah kisaran biaya hidup di Swiss perbulan :

Akomodasi / tempat tinggal : CFH 600 – 1,000
Makan : CFH 450 – 800
Transport : CFH 300 – 500
Pulsa / internet : CFH 100 – 200
Lain-lain (kebutuhan pribadi) : CFH 300 – 500

Namun buat kamu yang berencana kuliah di Swiss tidak perlu khawatir karena jika kamu tinggal di asrama sekolah, maka kamu sudah mengirit biaya transport. Dan biasanya akomodasi sekolah juga sudah termasuk biaya makan lho.

Study in Switzerland

Buat kamu yang mau kuliah perhotelan, masak dan bisnis coba deh pertimbangin Switzerland. Ada banyak pilihan kampus untuk jurusan-jurusan di atas dengan fasilitas yang lengkap dan kurikulum yang berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa alasan untuk kuliah di Swiss :

1. Banyak universitas yang juga menyediakan program magang. Jadi kamu tidak Cuma mendapatkan ilmu teori namun kamu bisa langsung praktek dan hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat penting setelah lulus

2. Selama magang / kerja praktek, kamu juga wajib menerima gaji / bayaran, karena kamu juga wajib membayar pajak penghasilan ke negara.

3. Untuk kamu yang tertarik belajar perhotelan dan business, bahasa adalah salah satu skill tambahan yang harus kamu kuasai. Nah, di Swiss kamu juga akan belajar bahasa lain selain Bahasa Inggris.

Kampus-kampus di Swiss juga banyak yang bekerja sama dengan universitas lain di luar Swiss. Jadi kamu akan mendapat dua ijasah setelah lulus. Menarik bukan??

Enroll Today!

We are accepting new students.

Ask our staff for enrollment and be a citizen of the world today.

Contact Admissions
Share This